Lembaga kemanusiaan SMART 171 menyampaikan bantuan musim dingin pada pengungsi Suriah di Turki Selatan senilai 174 juta rupiah. Bantuan berupa paket makanan dan selimut itu disalurkan ke para pengungsi Suriah yang berada di Reyhanli dan Kilis, kota perbatasan Turki dengan Suriah. Bantuan disalurkan pada hari Ahad hingga Senin kemarin.

Sebagian besar pengungsi yang mendapatkan bantuan di pengungsian berasal dari Yarmuk, Homs, dan Aleppo. Ada yang baru sampai dari Suriah, ada yang telah hampir setahun tinggal di Turki. Rata-rata mereka memasuki Turki melalui Idlib. Perjalanan menuju Turki mereka lakukan dengan jalan kaki dengan masa tempuh sekitar sepekan lamanya.

Semua pengungsi memiliki kisah traumatis. Ada keluarga yang tersisa yang perempuan saja. Semua lelaki dewasa dalam keluarga meninggal atau masih di dalam penjara Bashar Assad. Selain menyampaikan bantuan musim dingin, SMART 171 juga membagi kue dan cokelat bagi anak-anak dalam kamp pengungsi.

Maimon herawati sebagai ketua Smart 171 mengatakan bahwa bantuan yang diberikan Harganya tidak seberapa, tapi dia berharap bisa memberikan sedikit kebahagiaan kepada anak-anak Suriah.

SMART 171 dan Khairu Ummah juga akan menyampaikan bantuan selimut dan makanan untuk pengungsi di Idlib, Suriah. Sebagian pengungsi di Idlib ada yang telah setahun lebih hidup di bawah pohon, dan pada akhirnya bisa mendapatkan tenda. (suaraislam.id/admin)

%d blogger menyukai ini: