Sekjen Majelis Ulama Indonesia, Anwar Abbas menegaskan bahwa umat Islam dunia harus menolak perlakuan brutal pemerintah China terhadap etnis Muslim Uighur. Ia menegaskan bahwa hak asasi mereka sebagai manusia telah diinjak oleh pemerintah China. Hal ini diungkapkan Anwar Abbas kepada Kiblat.net melalui keterangan persnya pada Jumat kemarin.

Menurutnya China sebagai sebuah negara memang berhak untuk mengatur negaranya sendiri. Namun, jangan sampai menginjak-injak hak asasi rakyatnya terutama hak dasar dari umat Islam yang ada di sana. Maka, ia berharap pertemuan negara-negara Islam di Kuala Lumpur, Malaysia harus menanggapi isu Uighur.

MUI mengimbau para peserta pertemuan puncak negara-negara Islam di Kuala Lumpur untuk bersikap tegas dan keras kepada pemerintah China. MUI juga mendesak negara yang bersangkutan untuk segera menghentikan segala bentuk kekerasan terhadap Muslim Uighur. Anwar menegaskan bahwa jika hal itu tidak dilakukan, maka dunia akan terseret ke dalam ketegangan baru. Tidak hanya dalam skala global, tapi juga lokal. (kiblat.net/admin)

%d blogger menyukai ini: