Negara yang telah menetapkan Islam sebagai agama resminya, Somalia, mengapresiasi penyelenggaraan ibadah haji jamaah Indonesia. Apresiasi itu disampaikan Ketua Misi Haji Somalia Umar Faruk, saat berkunjung ke Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Makkah, di Makkah.

Bahkan, pihak Somalia pun menyatakan keinginannya untuk mencontoh keberhasilan penyelenggaraan haji Indonesia.

Umar faruk mengatakan bahwa Indonesia memiliki manajemen yang tertib meski jumlah jamaah hajinya sangat besar . Sedangkan dia mengakui bahwa jamaah Somalia hanya 11.500, tapi belum bisa tertib seperti Indonesia. Hal ini sebagaimana diungkapkan Umar Faruk, Ahad kemarin.

Kepada Kepala Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid yang menyambut kedatangannya, Umar Faruk menyampaikan keinginan Somalia untuk menjalin kerja sama dengan misi haji Indonesia. Menanggapi keinginan tersebut, Kadaker Makkah Subhan Cholid menyampaikan, Indonesia sangat terbuka untuk melakukan tukar informasi dan pengalaman terkait penyelenggaraan haji dengan negara mana pun, termasuk Somalia.

Menurutnya, salah satu kunci yang menjadi kekuatan Indonesia dalam penyelenggaraan haji adalah ketatnya penjadwalan yang dibuat oleh Misi Haji Indonesia. Sebelumnya, Malaysia dan Turki juga mengapresiasi Indonesia, yang mereka sebut sebagai salah satu penyelenggara haji terbaik.

sumber: hidayatulloh

%d blogger menyukai ini: