Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fenomena yang erat kaitannya dengan ekonomi, subhanallah maha sempurna islam ini, tidak hanya peribadatan saja yang diatur, namun juga mengatur semua urusan manusia ya. Dari mengangkat senyum hingga mengangkat senjata, dari mengatur cara masuk kamar mandi hingga mengatur dunia, semua ada di islam. apalagi hanya urusan ekonomi, sudah pasti diatur dalam islam.

Oke kembali ke topic, kita akan membahas tentang konsep ekonomi yang mungkin sudah ada lama, namun mungkin akhir2 mulai muncul para ini pembelanya2, dan tak jarang nekat menggunakan dalil2 quran dan Sunnah padahal ngga nyambung. Dan terdapat fenomena ghozwul fikri didalamnya, maka dar hal itulah kita akan coba membahasnya.

Fenomena itu adalah sebuah program keuangan bernama MMM (Mavrodi Mondial MoneyBox) ini adalah sebuah ‘peluang bisnis’ atau ‘sistem keuangan’ yang mengangkat tema ‘program bantuan sosial (The Power of Giving, Manusia Membantu Manusia, gitu katanya)’ buatan seseorang bernama Sergey Mavrodi asal Rusia. Kelihatannya sudah semakin besar MMM ini di Indonesia, terlihat dgn makin banyaknya ‘leader-leder’ MMM lokal yang aktif menjaring member baru utk bergabung.

Menurut klaim mereka system ini berbeda dengan skema piramida MLM dimana keuntungan dari penjualan level terbawah diberikan ke level diatasnya sehingga puncak yang teratas akan menumpuk keuntungan sedangkan yang dibawah akan keteteran bahkan hancur karena harus terus keluar dana untuk seminar dan jaim kepada bawahannya. Walaupun harus digaris bawahi tidak semua mlm seperti ini, ada beberapa mlm yang pure menjual barang melalui jaringan, bukan focus direkruitment, ciri khasnya mereka 90 % jualan, rekrutnya paling 10 %. Walaupun secara keseluruhan MLM menurut pendapat saya kuat suasana edukasi penyakit wahnnya.

Nah di MMM ini skemanya kita setor dana saja via transfer ke nomor orang yang tidak dikenal (tanpa ada barangnya) kepada nomor rekening dimana diberi nama membantu seseorang yang tidak dikenal yang nanti ketika kita akan diberi konfirmasi oleh MMM kemana kita harus mentransfer (profide help), lalu kita melakukan permohonan minta bantuan (get help) dimana setelah kita daftarkan via MMM dibulan depannya kita mendapatkan pokok plus untung 30 % dari orang lain yang mentrasferkan dananya ke rekening kita.

Jadi menurut klaim mereka dana akan berputar diantara para member, antara Get help dan provide help. Jadi menurut mereka jauh dari skema piramida. Lalu anehnya bila kita lihat dilapangan ada segolongan orang yang teriak-teriak dirugikan, sebagian lagi teriak-teriak MMM itu benar, saya untung kok. Ya jelas lah, lha sekarang coba deh kita pikir, klaim MMM bahwa semua member akan dapat untung 30 %, lha kalau duitnya ngga dipakai untuk usaha (ngga ada keuntungan bisnis) tapi semua member ingin dapat untung 30%, lha duitnya darimana bos ? ngga jelas kan, jadi ya sudah jelas pasti ada yang dirugikan.

Apalagi kalau dibaca peringatan di web MMM ada tulisan PERHATIAN !

MMM TIDAK ADA JAMINAN, SEGALA RESIKO DITANGGUNG MASING-MASING PARTISIPAN, SEBAIKNYA GUNAKAN UANG BEBAS UNTUK BERGABUNG DI KOMUNITAS MMM INDONESIA. SALAM SUKSES

 

Okey kita coba sedikit tabayun ya, kita coba bandingkan pendapat antara yang pro dan yang kontra

 

Dan perlu dicatat bahwa sergey mavrodi ini pernah masuk penjara karena money game buatannya selama 4 tahun.

 

Tapi lucunya para pendukung MMM berkata begini

 

Kan Faktanya, tidak sepeserpun dana masyarakat yang dikelola Mavrodi di makan olehnya, melainkan dana masyarakat yang sebagian di simpan di Bank atas namanya itu dibekukan oleh pemerintah Rusia itu sendiri yang mana pada saat itu, terus Mavrodi menjadi kandidat lawan terberat di ajang pencalonan presiden Rusia pada saat itu. Dan pada akhirnya pemeritah mencari celah dan kesalahan Mavrodi dengan berbagai cara karena tuduhan yang ditujukan kepadanya itu tidak pernah terbukti.

Sergei Mavrodi di penjarakan atas tuduhan yang tidak pernah terbukti hingga kini dan untuk menanggung malu akhirnya pemerintah Rusia menjatuhkan hukuman penjara 4 tahun untuk sebuah kasus penggelapan pajak yang didakwakan kepada Mavrodi atas dana masyarakat yang di himpunnya nomor rekeningnya, padahal ngga dia pakai.

 

Padahal kalau kita mau tabayun sebentar. Nah lho katanya dana hanya berputar diantara member, kok malah numpuk di rekening mavrodi ?

 

Terus kalau katanya ngga ada keuntungan untuk perusahaan MMMnya sendiri all out dana berputar di member, lha terus bisa sewa gedung buat pertemuan, biaya promosi, dll dari mana ?. sedangkan biaya tersebut tidak mungkin cukup dengan hanya puluhan milyar perbulannya.

 

Lalu kalau kita bilang kan kita niat tolong menolong : jawabannya ya klo menolong provide help saja (memberi pertolongan) jangan ada get helpnya (mendapat pertolongan), terus islam itu agama sempurna, tata cara tolong menolongpun diatur oleh syariat, jadi kalau melanggar syariat ya jangan diikuti, jangan sampai orang kafir masukl lobang biawak kita ikuti.

 

Sudah jelas bahwa MMM ini melanggar kaidah syariat islam, sudah sangat banyak ulama yang menfatwakannya haram, dengan banyak alasan, 2 diantaranya :

 

  1. MMM adalah riba sebagaimana yg dimaksud dalam ayat 39 surat ar-Ruum.

و ما اتيتم من ربا ليربوا في اموال الناس فانه لا يربو عند الله …
“Dan sesuatu riba yang kamu berikan agar bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah.
Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka itulah orang-orang yang melipatgandakan

Riba yang dimaksud ayat ini bukan riba hutang piutang, karenanya redaksi riba ditulis (الربا) bukan (الربي)

Menurut Ibnu Katsir dalam tafsirnya, yang dimaksud riba dalam ayat ini adalah perbuatan memberi hadiah pada seseorang dengan maksud ingin mendapat balasan yg lebih banyak.

Perbuatan ini jamak dilakukan pada masa jahiliyyah sehingga orang enggan membayar zakat. Nabi sangat membenci perbuatan ini.

Hal tersebut juga dikuatkan pada firman Allah di ayat 6-7 surat al-Mudassir.

“Dan Janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak. Dan untuk memenuhi perintah Tuhanmu, bersabarlah”

  1. MMM menjadikan uang sebagai komoditas, bukan alat tukar.

Dalam prinsip muamalah Islam, Uang hanya sebagai alat tukar bukan komoditas yang diperjualbelikan atau mendatangkan keuntungan tanpa aktifitas.

MMM adalah money game skema ponzi dalam cara gamblang. Arisan berantai. Tidak ada komoditas yang diperjualbelikan tapi nilai uang yang bertransaksi di dalamnya bertambah 30%.

Aktivitas MMM didasarkan pada upaya member get member agar transaksi terus berputar dan member lama mendapat keuntungan posisi.

Member MMM akan memberi bantuan (Give Help) ke member lain yang ditunjuk sistem dengan nominal 1jt misalnya. Setelah transaksi dikonfirmasi, si pemberi bantuan akan berharap pada sistem agar dia juga mendapat bantuan senilai 1jt+30%.

Nagh aktifitas itu dibungkus dalam bahasa sedekah. Sedekah yang dimaksudkan agar mendapat imbalan yg lebih banyak seperti dimaksud dalam poin 1.

Jadi jelas? MMM adalah praktik Jahiliyyah yg dikemas ulang.

Dari sisi ojk (otoritas jasa keuangan ) juga sudah bilang hati-hati dengan MMM, karena ini adalah arisan berantai yang riskan penipuan.

Ada kisah menarik ya tentang ghozwul fikri penghapus dan kapur dimana awalnya umat islam itu jelas mana haq mana bathil, sehingga akhirnya umat bingung.

Karena jelas hujjah para pendukung MMM itu hanya hujjah duniawi, mereka tidak bisa memberi hujjah dari dalil umat islam (Quran dan Hadits shahih). Padahal yang pakai dalil Quran dan Sunnah saja, kalau dengan metode ijtihad buta (tanpa kaidah fiqih yang benar) dan dengan pemahaman yang aneh-aneh, tidak dengan pemahaman Rasulullah dan sahabat memahami ayat tersebut bisa salah dan tersesat, apalagi ini tanpa dalil ya jadi jelas makin salah.

Saya fikir perkara ini sudah sangat jelas dan terang didalamnya, sehingga tak pungkin melahirkan khilafiyah (perbedaan pendapat) didalamnya (kecuali ijtihad buta yang sesat dan jauh dari kaidah fiqih), dan kami yakin, jauh dibalik hati para pendukung MMM, sebenarnya mereka juga menyadarinya. kami doakan agar para pemuja dan pemuja Mavrodi diberi hidayah untuk kembali ke nabinya dan sebaik-baiknya pujaan umat islam (nabi Muhammad). Aamiin

Wallahu A’lam

Saudaraku….

Lihatlah secara seksama apa yang sedang terjadi disekitar kita.

Kedzoliman, kemaksiatan, dosa yang dianggap biasa, haram jadi halal, yang halal diharamkan.sunah dianggap bidah, bidah diangaap sunah. Yang salah jadi benar yang benar disalah-salahkan.

Inilah gelombang keterpurukan ruhani yang terus bergulir ditengah-tengah kita bak air bah yang tak bisa dibendung lagi. Oleh karena itu………

Sudah saat nya kita bergerak…..

Sudah waktunya kita bekerja…

Sudah saatnya kita berdakwah…

Mari bergabung bersama radio Fajri Bandung dalam Mega proyek dakwah melalui udara dengan cara mentransferkan sebagian harta Anda kepada kami melalui BANK MUAMALAT no rekening 146-000-1648 a / n PT RADIO SWARA CAKRAWALA SANGKURIANG

“Bersama Fajri Belajar Islam menjadi Mudah, Bersama Fajri Infak Anda Insya Alloh berkah dan terarah” ( Radio fajri 1458 am dan www.fajribandung.com )

%d blogger menyukai ini: