Sepekan setelah Pengadilan Tinggi India memutuskan untuk menyerahkan situs bersejarah Masjid Babri di Ayodhya kepada umat Hindu, jagat Twitter diramaikan dengan hastag Mosques of India.

Para pengguna media sosial di India menulis hastag demikian untuk meningkatkan kesadaran tentang warisan Islam di negara itu. Masjid Babri berdiri di atas lahan yang diperebutkan antara umat Islam dan Hindu. Saling klaim atas lahan Masjid Babri itu telah memicu sejumlah kerusuhan paling berdarah di India sejak kemerdekaan negara itu. Dengan putusan itu, situs masjid tersebut diserahkan kepada umat Hindu.

Pada 9 November 2019 lalu, Mahkamah Agung India memutuskan situs yang terletak di Ayodhya di India utara itu untuk pembangunan kuil Hindu. Sementara itu, pengadilan memberikan sebidang tanah terpisah di kota yang sama kepada kelompok Muslim untuk membangun masjid baru.

Kasus sengketa atas lahan masjid yang telah berusia 460 tahun ini telah berlangsung selama lebih dari 25 tahun. Sebelumnya, Masjid Babri sendiri pernah dihancurkan sekelompok oknum Hindu pada 1992.

Atas putusan itu, pengguna media sosial ramai-ramai menulis hastag yang merujuk pada kerinduan mereka akan Masjid Babri. Selain merujuk pada Masjid Babri, banyak pengguna akun lain yang mengunggah tentang masjid-masjid lain di India. (khazanah.republika.co.id/admin)

%d blogger menyukai ini: