1. Darussalam_Saya sbgai suami sudah nyuruh istri pakai jilbab nmun smpai skarng blm memakai nya.paling skali2 bila mau beprgian,pdhal sya rmah tngga sdah 14

Jawaban :

Pendengar yang budiman. Apa yang anda lakukan adalah benar dan hal ini pun sudah Alloh ingatkan pada para suami agar mereka menjaga keluarganya dari api neraka. Alloh berfirman dalam surat At-Tahrim ayat yang ke 6 :

“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Syaikh Abdurrahman ibnu Nashir As-Sa’di berkata menafsirkan ayat tersebut :

“Jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka, yang disebutkan dengan sifat-sifat yang mengerikan. Ayat ini menunjukkan perintah menjaga diri dari api neraka tersebut dengan ber-iltizam yaitu berpegang teguh terhadap perintah Alloh menunaikan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya, dan bertaubat dari perbuatan yang Allah murkai serta perbuatan yang menyebabkan azab-Nya. Sebagaimana ayat ini mengharuskan seseorang menjaga keluarga dan anak-anak dari api neraka dengan cara memberikan pendidikan dan pengajaran kepada mereka, serta memberitahu mereka tentang perintah Allah Seorang hamba tidak dapat selamat kecuali bila ia menegakkan apa yang Allah perintahkan terhadap dirinya dan orang-orang yang di bawah penguasaannya, baik istri-istrinya, anak-anaknya, dan selain mereka dari orang-orang yang berada di bawah kekuasaan dan pengaturannya.

Dalam ayat ini pula Allah menyebutkan neraka dengan sifat-sifat yang mengerikan agar menjadi peringatan terhadap manusia jangan sampai meremehkan perkaranya.

Allah berfirman:

“…Yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu…”

Sebagaimana Allah berfirman dalam surat Al-Anbiya ayat yang ke 98 :

“Sesungguhnya kalian dan apa yang kalian sembah selain Allah adalah bahan bakar/kayu bakar Jahannam, kalian sungguh akan mendatangi Jahannam tersebut.”

Saran kami ajak lah istri anda untuk menghadiri pengajian-pengajian khusus Muslimah, karena in syaa Alloh ketika ia melihat para Muslimah mengenakan pakaian yang syar’I, ia pun lama kelamaan akan mengikutinya. Kemudian belikan juga buku-buku Islami terutama berkaitan tentang bahaya tidak menggunakan hijab atau bahaya tidak menutup aurat. Imam Muslim meriwayatkan bahwa Rosululloh bersabda :

“Ada dua golongan manusia yang menjadi penghuni neraka, yang sebelumnya aku tidak pernah melihatnya; yakni, sekelompok orang yang memiliki cambuk seperti ekor sapi yang digunakan untuk menyakiti umat manusia; dan wanita yang membuka auratnya dan berpakaian tipis merangsang berlenggak-lenggok dan berlagak, kepalanya digelung seperti punuk onta.

Mereka tidak akan dapat masuk surga dan mencium baunya. Padahal, bau surga dapat tercium dari jarak sekian-sekian.”

Imam Ahmad juga meriwayatkan bahwa Rosululloh :

“Ada dua golongan penghuni neraka, yang aku belum pernah melihat keduanya sebelumnya. Wanita-wanita yang telanjang, berpakaian tipis, dan berlenggak-lenggok, dan kepalanya digelung seperti punuk onta. Mereka tidak akan masuk surga, dan mencium baunya. Dan laki-laki yang memiliki cambuk seperti ekor sapi yang digunakan untuk menyakiti umat manusia.“

Dan jangan lupa untuk terus mendoakan istri kita agar senantiasa di bimbing oleh Alloh ke jalan yang benar. Diantara doa tersebut yaitu doa yang diajarkan langsung oleh Alloh dalam surat al-Furqon ayat 74 :

“Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan Kami, anugrahkanlah kepada Kami isteri-isteri Kami dan keturunan Kami sebagai penyenang hati kami, dan Jadikanlah Kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Demikian. Semoga bermanfaat. Wallohu a’lam.

%d blogger menyukai ini: