Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki mencatat korban jiwa gempa bumi yang melanda Provinsi Elazig bertambah menjadi 38 orang. Gempa Jumat lalu bermagnitudo 6,8 juga melukai lebih dari seribu orang.

Dilansir laman Anadolu Agency, gempa meruntuhkan banyak bangunan, sebanyak 844 gempa susulan terjadi setelah gempa kuat muncul. Negara-negara tetangga seperti Suriah hingga Iran juga mengalami getaran gempa yang berpusat di Turki tersebut.  Sementara itu sebanyak 45 orang yang sebelumnya terjebak di bawah puing-puing rumah dan bangunan telah diselamatkan.

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki mendesak para warga untuk tidak kembali ke gedung-gedung yang rusak karena bangunan seperti itu berpotensi ambrol. Badan tersebut mengatakan pihak berwenang telah mencatat ada lebih dari 600 gedung yang rusak parah dan 76 lainnya runtuh di dua provinsi.

Presiden Tayyip Erdogan menyatakan rumah-rumah dengan kerangka baja akan segera dibangun di wilayah itu bagi para warga yang kehilangan tempat tinggal. Turki dalam sejarahnya telah beberapa kali dihantam gempa hebat.

https://internasional.republika.co.id/

%d blogger menyukai ini: