Turki melancarkan serangan kepada pasukan Kurdi di Suriah utara. Mereka melakukan serangan udara dan tembakan artileri di sepanjang perbatasan.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengumumkan serangan awal tersebut di Twitter dan menamainya ‘Operation Peace Spring‘. Serangan tersebut memicu kecaman dari negara-negara barat yang telah bersekutu dengan Pasukan Demokratik Suriah atau SDF.

Media setempat melaporkan tentara Turki melepaskan tembakan artileri di perbatasan Ras al-Ain dan pesawat tempur menjatuhkan bom-bom di daerah tersebut. Pasukan SDF melakukan serangan balik dengan meluncurkan roket ke arah pasukan Turki.

Pengamat Perang Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, Turki tak hanya menyerang Ras al-Ain tetapi juga perbatasan Tal Abyad barat. SDF meminta komunitas internasional bersuara agar terjadi gencatan senja untuk menyudahi krisis kemanusiaan yang terjadi.

Erdogan mengatakan operasi itu akan menargetkan kedua militan Kurdi dan ISIS.

Mereka juga menginginkan ‘zona aman’ di sisi perbatasan Suriah untuk 3 koma 6 juta pengungsi yang menjadi korban perang selama delapan tahun. (international.admin)

%d blogger menyukai ini: