Sejumlah besar warga Mesir dan kelompok masyarakat sipil Turki akan menghadiri pawai obor di Istanbul menuntut pembebasan tahanan politik mesir. Hal ini sebagaimana dilansir media turki kemarin.

Pawai akan dimulai di dekat Masjid Fatih dan berakhir di Taman Sarachane. Pada kesempatan Hari Hak Asasi Manusia, Kelompok Solidaritas untuk Tahanan Mesir mendesak orang-orang untuk menyuarakan keprihatinan atas pelanggaran HAM di Mesir, Yerusalem, Gaza, Suriah, Irak, Yaman, Turkistan Timur, dan Myanmar.

Kelompok tersebut mengatakan ribuan orang tak bersalah terbunuh oleh rezim Mesir yang menggulingkan presiden pertama yang terpilih secara demokratis di negara itu. Sebagaimana diketahui, Muhammad Mursi -yang digulingkan dalam kudeta militer pada tahun 2013 meninggal Juni lalu di tengah persidangan.

Jumlah orang yang ditahan di penjara-penjara Mesir, yang sebagian besar merupakan anggota Ikhwanul Muslimin dan lawan politik lainnya, diperkirakan lebih dari 65 ribu. Dari semua tahanan, ada 154 wanita mendekam di penjara-penjara di seluruh negeri.

Banyak yang telah dijatuhi hukuman mati oleh rezim, dengan sekitar 60 eksekusi dilakukan tanpa pemberitahuan terhadap keluarga. tahanan tidak diizinkan untuk bertemu dengan kerabat dan pengacara, sementara mereka yang sakit dilarang menerima perawatan medis.

https://www.arrahmah.com

%d blogger menyukai ini: