Imam Mahdi adalah adalah seseorang yang diutus Allah diakhir zaman untuk meneggakkan kalimatullah ketika bumi dipenuhi kedzaliman. Begitu terkenalnya sosok imam mahdi ini dikalangan umat muslim sehingga banyak orang-orang atau aliran sesat yang memanfaatkan nama imam mahdi ini (mengakui dirinya sebagai imam mahdi) agar mendapatkan dukungan banyak orang.

Banyaknya umat yang disesatkan dengan klaim sebagian orang bahwa dirinya imam mahdi itu tak lain disebabkan karena kurangnya kita dalam membaca hadits-hadits Rasulullah SAW tentang ciri-ciri imam mahdi ini.

Atas dasar itulah dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ciri imam mahdi, berikut hadits-haditsnya :

1. berkening lebar, berhidung mancung

diriwayatkan dari Abu Said al Khudriy mengatakan,”Aku mendengar Rasulullah saw bersabda,’al Mahdi berasal dari umatku, berkening lebar dan berhidung mancung…” (HR. Ahmad, Abu Daud dan Hakim. Hadits ini telah dihasankan oleh Al Banni didalam kitab “Takhrijul Misykat”)

2. namanya Muhammad Bin Abdullah

Dia berasal dari keluargaku. Namanya sama dengan namaku. Nama ayahnya pun sama dengan nama ayahku.” [HR. Abu Dawud no. 4282, dari ‘Abdulloh bin Mas’ud. Syaikh Al-Albani dalam Shohih wa Dho’if Sunan Abi Dawud mengatakan bahwa hadits ini hasan shohih]

3. keturunan Rasulullah dari Fatimah

Imam Mahdi adalah dari keluargaku dari keturunan Fathimah.” [HR. HR. Abu Dawud no. 4284, dari Ummu Salamah. Syaikh Al-Albani dalam Shohih wa Dho’if Sunan Abu Dawud mengatakan bahwa hadits ini shohih]

4. dari suku Quraisy

hal ini didasarkan keterangan hadits rasulullah, bahwa khalifah yang sah syaratnya harus dari suku Quraisy, sedangkan imam Mahdi akan menjadi kalifah di akhir zaman

Tidak akan lenyap atau tidak akan sirna dunia ini, hingga bangsa Arab (quraisty) dipimpin oleh seorang laki-laki dari keturunanku, yang namanya sama seperti namaku. HR. At-Tirmidzi (no. 2230), Abu Dawud (no. 4282) dan Ahmad (I/377, 430) dari Sahabat ‘Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu, dan lafazh ini milik Ahmad. Dikatakan shahih menurut Syaikh Ahmad Syakir dalam tahqiq Musnad Ahmad (no. 3573).

Tanda-tanda kemunculan imam mahdi

1. keringnya sungai eufrat

Didalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim bahwa gunung emas akan muncul dari kekeringan (terbukanya) sungai eufrat maka manusia akan saling berbunuh-bunuhan di atasnya, dan akan terbunuhlah pada tiap-tiap seratus sebanyak sembilan puluh sembilan.”

Maka peristiwa ini terjadi pada saat kemunculan al Mahdi sebagaimana yang dikatakan al Hafizh Ibnu Hajar,”Dan barangkali ini merupakan penyebabnya mengapa Imam Bukhori memasukkan hadits ini dalam kitabnya pada bab Khurujun Naar (keluarnya api).”

2. Munculnya Bintang Berekor
Al Barzanji menyebutkan bahwa diantara tanda yang paling dekat sekali dengan kemunculan al Mahdi adalah terbitnya bintang berekor yang bercahaya. Dalam sebuah riwayat yang shahih—sebagaimana yang disebutkan oleh Ibnu Katsir dalam tafsirnya dari Ibnu Abbas—bahwa Ibnu Jarir meriwayatkan dari Abdullah bin Abu Malikah dimana ia berkata,”Pada suatu pagi saya pergi kepada Ibnu Abbas. Lalu ia berkata,’Semalam aku tidak bisa tidur sampai pagi.’ Aku bertanya,’Apakah sebabnya?’ Beliau menjawab,’Karena orang-orang berkata bahwa bintang berekor telah terbit karenanya aku merasa cemas akan kedatangan asap yang sudah mengetuk pintu, hingga aku tidak dapat tidur sampai pagi.” (Umur Umat Islam hal 269 – 271)

3. perebutan kekuaaan tiga putra khalifah

“Ada tiga orang yang akan saling membunuh di sisi simpanan kalian; mereka semua adalah putera khalifah, kemudian tidak akan kembali ke salah seorang dari mereka. Akhirnya muncullah bendera-bendera hitam (asyhabu rayati syud) dari arah timur, lalu mereka akan memerangi kalian dengan peperangan yang tidak pernah dilakukan oleh satu kaum pun… (lalu beliau menutur-kan sesuatu yang tidak aku fahami, kemudian beliau berkata:) Jika kalian melihatnya, maka bai’atlah dia! Walaupun dengan merangkak di atas salju, karena sesungguhnya ia adalah kholifah Alloh al-Mahdi.” [HR. Sunan Ibni Majah, kitab al-Fitan, bab Khuruujul Mahdi (II/1367), Mustadrak al-Hakim (IV/463-464), beliau berkata, “Hadits ini shahih dengan syarat asy-Syaikhani.” Disepakati oleh adz-Dzahabi]

Pembaiatannya

1. ada pasukan tentara yang ditenggelamkan di pasir

Sabda Rasulullah saw,”Seorang laki-laki akan datang ke Baitullah (ka’bah) maka diutuslah seorang utusan (oleh penguasa) untuk mengejarnya. Dan ketika mereka telah sampai di suatu padang pasir maka mereka terbenam ditelan bumi.” (HR. Muslim) –al Qurthubi didalam kitab “at Tadzkiroh” mengatakan bahwa tanda-tanda kemunculannya (al Mahdi) adalah tentara yang dibenamkan itu adalah tentara yang keluar menuju Mekah untuk memerangi al Mahdi.”

ket : mungkin ini adalah tanda-tanda yang paling jelas diantara yang lain

2. pembaiatan diantara maqam ibrahim dan sudut ka’bah

Sabda Rasulullah saw,”Akan dibaiat seorang laki-laki antara maqam Ibrahim dengan sudut kab’bah.” (HR. ahmad)

3. terjadi perubahan drastis sosok imam mahdi  dalam satu malam

“Al-Mahdi berasal dari Ahlul Bait, Allah memperbaikinya dalam satu malam. HR. Ibnu Majah (no. 4085), Ahmad (I/84), dari Sahabat ‘Ali Radhiyallahu anhu. Hadits ini di-shahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir dalam Tahqiiq Musnad Imaam Ahmad (no. 645) dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Silsilatul Ahaadiits ash-Shahiihah (no. 2371).

4. tidak mau dibaiat

sebagian ulama berpendapat bahwa imam mahdi dipaksa untuk mengakui dirinya imam Mahdi, sebenarnya dia enggan / tidak mau menjadi khalifah imam mahdi.

ini berdasarkan perkataan Imam Az-Zuhri RH, beliau  berkata,

“Daripada anak cucu Fatimah, Al-Mahdi akan dipaksa keluar dari Makkah dan dibaiat sedangkan dia tidak menyukainya.”

dan masih banyak hadits-hadits tentang imam mahdi, bahkan tidak sedikit yang sampai derajat mutawatir.

bila kita lihat ciri-ciri diatas. tidak ada satupun yang sesuai bahkan walau hanya setengahnya dengan orang-orang yang mengklaim dirinya imam mahdi saat ini, sehingga sudah sepantasnya umat islam untuk cerdas dan tidak mudah disesatkan.

kapan kemunculan imam mahdi adalah rahasia Allah. kita wajib mengimaninya dan berada di barisan umat yang juga aktif berjuang untuk menegakkan Kalimatullah dimuka bumi ini. Jangan sampai kita hanya sibuk menunggu-nunggu sehingga kita lalai untuk berjuang apalagi hingga lalai dalam menjalankan ibadah kita.

Wallahu A’lam

oleh : Murawhy Madholin

Saudaraku….

Lihatlah secara seksama apa yang sedang terjadi disekitar kita.

Kedzoliman, kemaksiatan, dosa yang dianggap biasa, haram jadi halal, yang halal diharamkan.sunah dianggap bidah, bidah diangaap sunah. Yang salah jadi benar yang benar disalah-salahkan.

Inilah gelombang keterpurukan ruhani yang terus bergulir ditengah-tengah kita bak air bah yang tak bisa dibendung lagi. Oleh karena itu………

Sudah saat nya kita bergerak…..

Sudah waktunya kita bekerja…

Sudah saatnya kita berdakwah…

Mari bergabung bersama radio Fajri Bandung dalam Mega proyek dakwah melalui udara dengan cara mentransferkan sebagian harta Anda kepada kami melalui BANK MUAMALAT no rekening 146-000-1648 a / n PT RADIO SWARA CAKRAWALA SANGKURIANG

“Bersama Fajri Belajar Islam menjadi Mudah, Bersama Fajri Infak Anda Insya Alloh berkah dan terarah” ( Radio fajri 1458 am dan www.fajribandung.com )

%d blogger menyukai ini: