Al Hasan Ahmad Sudarmanto delegasi Indonesia meraih juara ketiga dalam Musabaqah atau Lomba Hafalan Alquran Raja Abdul Aziz Ali Su’ud, tingkat Internasional ke-41 untuk kategori 15 juz. Hal itu diumumkan saat penutupan musabaqah di halaman Masjid al-Haram Makkah pada Rabu malam kemarin.

Al Hasan meraih juara ketiga setelah berhasil melewati babak kualifikasi awal dan masuk ke babak kualifikasi akhir yang diikuti lebih dari 30 peserta. Atas prestasinya, Al Hasan menerima hadiah dari Pangeran Faishal bin Abdul Aziz sebesar 45 ribu riyal.

Menteri Agama Islam, Dakwah dan Bimbingan, Abdul Lathif bin Abdul Aziz, dalam sambutannya mengatakan, kompetisi ini diikuti lebih dari 100 peserta dari 100 negara. Musabaqah tersebut merupakan lomba hafalan Al-Quran tertua dan tercanggih di dunia dengan menggunakan teknologi informatika dalam penilaian dan penyelenggaraan lomba.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin mengungkapkan rasa bahagianya atas prestasi Al Hasan sebagai delegasi Indonesia.

Menurutnya, prestasi Al Hasan sangat luar biasa jika melihat kualitas peserta dari negara-negara Timur Tengah yang dikenal dengan kekuatan hafalannya.

Selain mengikuti kompetisi, para peserta juga diajak berwisata ke beberapa lokasi di antaranya ke Museum Masjid al-Haramain dan lokasi pembuatan kiswah. Kemudian ke lokasi Arafah Mina, Museum Tower Jam dan menaiki puncak Tower Jam Makkah.

sumber: khazanah

%d blogger menyukai ini: