Hampir seratus orang pengungsi Rohingya asal Myanmar terdampar di perairan Pantai Seunuddon, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Rabu kemarin.

Para petugas BPBD Aceh Utara yang bersama tim SAR dan Polres Aceh Utara datang untuk mengevakuasi para pengungsi yang terkatung-katung di lautan. Hal ini sebagaimana diungkap petugas dalam video yang diambil di atas perairan tersebut di hari yang sama.

Menurutnya dalam rombongan pengungsi itu terdapat banyak anak-anak dan perempuan. Sementara itu, menurut Kepolisian Aceh, jumlah pengungsi Rohingya yang terdampar di perairan Pantai Seunuddon pada Rabu itu sebanyak 94 orang.

Menurut Danpos Polairud Lhoukseumawe, Ipda Saiful Bahri, para pengungsi Rohingya hingga kemarin masih berada di lautan untuk dibawa ke gudang imigrasi Bayu, Aceh utara.  Para pengungsi berhasil ditemukan oleh 3 nelayan Aceh ketika terkatung-katung di lautan.

Menurut ketiga nelayan itu, mereka melihat sebuah kapal motor rusak, terombang-ambing dan hampir tenggelam, sedangkan para penumpang kapal berteriak meminta bantuan. (hidayatulloh.com/admin)

%d blogger menyukai ini: