Indonesia mengajak sesama negara anggota ASEAN untuk menolak rencana aneksasi wilayah Palestina oleh Israel, yang dianggap melanggar hukum internasional dan berbagai resolusi PBB. Hal ini diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mengikuti pertemuan ke-35 Dewan Komunitas Politik-Keamanan ASEAN secara virtual dari Jakarta, Rabu kemarin.

 

Rencana pencaplokan tersebut juga dinilai dapat memundurkan upaya diplomasi dan perdamaian, serta melemahkan upaya solusi dua negara. Sebelumnya, Retno telah menyurati 30 negara sahabat guna menggalang dukungan internasional untuk menolak rencana aneksasi wilayah Palestina di Tepi Barat.

Surat tersebut telah dibalas, antara lain oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, yang menggarisbawahi keprihatinan. Pada Selasa sebelumnya, Perdana Menteri Palestina Mohammed Shtaye menyampaikan adanya konsensus internasional untuk menolak rencana pencaplokan wilayah Tepi Barat oleh Israel. Pernyataan tersebut diungkapkan Shtaye di kota Ramallah di Tepi Barat. (republika.co.id/admin)

%d blogger menyukai ini: